Detail Berita

Belasan Ribu Pelajar di Pekanbaru Sambut Kedatangan Presiden Jokowi

Belasan Ribu Pelajar di Pekanbaru Sambut Kedatangan Presiden Jokowi

PEKANBARU - Sebanyak 12.700 pelajar di Kota Pekanbaru yang terdiri dari 7.400 peserta didik tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan 5.300 tingkat sekolah dasar (SD), dikerahkan untuk menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (4/1).

"Untuk SMP, itu kita ambil dari kelas 7, 8 dan 9. Kemudian SD dari kelas 4, 5 dan 6," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal.

Disampaikannya, belasan ribu peserta didik itu ditempatkan di sepanjang rute yang dilalui Presiden Jokowi mulai dari Bandara SSK II hingga ke Pasar Bawah.

"Mereka dibekali dengan bendera merah putih oleh sekolah," ungkapnya.

Meski dilibatkan dalam penyambutan kunjungan kerja Presiden Jokowi, terang Jamal, namun aktivitas belajar mengajar tidak diliburkan.

"Jadi paginya belajar dulu sampai jam 09.30. Setelah presiden lewat, mereka kembali lagi ke sekolah masing-masing sekitar jam 11.30," ucapnya.

Ia juga menyebutkan, belasan ribu peserta didik tersebut berasal dari sekolah yang terdekat dengan rute yang dilalui Presiden Jokowi.

"Kita ambil yang terdekat dari rute saja, sehingga tidak ada mobilisasi pelajar menggunakan angkutan. Jadi mereka jalan kaki dari sekolah didampingi para guru. Karena guru juga kita minta mengawasi siswa karena kan penyambutannya di tepi jalan," papar Jamal.

Menurut dia, keterlibatan peserta didik itu merupakan salah satu upaya guna meningkatkan rasa kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Juga karena bapak presiden ini kan datangnya sesekali dan itu suatu kebanggaan juga bagi kita. Makanya kita berikan penyambutan yang hangat," tutupnya.

SC : pekanbaru.go.id

[07-December-2023] Bapak Asuh Anak Stunting Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Salurkan Paket Sembako [07-December-2023] Peringatan Hari Anti Korupsi 2023 bersama Kejaksaan Negeri Kota Pekanbaru [07-December-2023] Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru mendapat penghargaan oleh BPMP Provinsi Riau [13-November-2023] Kegiatan Pendampingan Dan Advokasi Layanan PAUD Inklusif [18-October-2023] Antisipasi Bullying di Sekolah, Kejari - Disdik Gelar JMS di SMPN 9 Pekanbaru