Detail Berita

Bimbingan Teknis Pembuatan Kurikulum Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru di Hadiri 110 Tutor

Bimbingan Teknis Pembuatan Kurikulum Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru di Hadiri 110 Tutor

PEKANBARU–  Senin 6 Maret 2023 Sebanyak 110 tutor atau tenaga pengajar Perwakilan Kelompok Belajar Masyarakat (PKBM) menghadiri acara Bimbingan Teknis Pembuatan Kurikulum Pendidikan Non Formal di Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Di Furaya Hotel Pekanbaru.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru– Dr. H. Abdul Jamal, M.Pd. menjelaskan, acara ini yang diselenggarakan selama 3 hari ini bertujuan untuk memberikan pemahaman penting bagi para tutor di lembaga pendidikan non formal agar lebih memahami dalam Penerapan Kurikulum Non Formal sesuai yang diharapkan.

“Tutor harus mampu menerapkannya tidak hanya sekedar mengajar dan meluluskan peserta paket,” kata Kadisdik.

Kadisdik menjelaskan, paradigma yang kadung melekat di kalangan para peserta pendidikan informal idealnya harus diubah. Mereka hanya berorientasi pada selembar ijazah dan terkesan mengesampingkan ilmu yang diperolehnya sebagai bekal mengisi atau bahkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

“Masyarakat masih berorientasi pada kelulusan dan mendapatkan ijazah tapi melupakan cita-cita pendidikan itu sendiri. Sehingga terkesan sekedarnya,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kapala Bidang PAUD dan PNF – Reni Bafita, S.Sos., M.Si. mengingatkan bahwa masyarakat harus mengerti bahwa ijazah Paket A,B,C diakui oleh Negara.

“Persoalan PKBM tidak semuanya sama, kondisi lingkungan, keluarga, pekerjaan sangat mempengaruhi proses belajar Non Formal,” Pendidikan Non Formal sistem kurikulum dan pengajarannya sama seperti Kurikulum umum. “ Paket A,B,C merupakan model pembelajaran yang disesuikan kondisi peserta Paket,”.

Seluruh 110 peserta bimtek akan diberikan waktu untuk menyelesaikan setiap persoalan pada pelaksanaan pengajaran di masing-masing PKBM. Workshop ini lebih ditekankan pada sistem dua arah, antara narasumber dan Tutor Pendidikan Kelompok Belajar Masyarakat (PKBM).

[07-December-2023] Bapak Asuh Anak Stunting Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Salurkan Paket Sembako [07-December-2023] Peringatan Hari Anti Korupsi 2023 bersama Kejaksaan Negeri Kota Pekanbaru [07-December-2023] Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru mendapat penghargaan oleh BPMP Provinsi Riau [13-November-2023] Kegiatan Pendampingan Dan Advokasi Layanan PAUD Inklusif [18-October-2023] Antisipasi Bullying di Sekolah, Kejari - Disdik Gelar JMS di SMPN 9 Pekanbaru