Detail Berita

Dampingi Dirjen Guru Kemendikbud, Wali Kota Harapkan Guru Penggerak Mampu Tingkatkan Kulaitas Pendidikan

Dampingi Dirjen Guru Kemendikbud, Wali Kota Harapkan Guru Penggerak Mampu Tingkatkan Kulaitas Pendidikan

PEKANBARU - Wali Kota (Wako) Pekanbaru DR H Firdaus MT mendampingi Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek RI, Iwan Syahril dalam kunjungan kerja ke Kota Pekanbaru, Sabtu (19/2/2022). Satu agenda yakni berkunjung ke SDN 18 Pekanbaru.

Mereka datang untuk melihat aktivitas belajar mengajar di sekolah tersebut. SDN 18 Pekanbaru terpilih menjadi lokasi peninjauan karena sekolah itu memiliki prestasi yang menonjol.

"Makanya beliau memberi perhatian khusus dengan datang langsung ke SDN 18 ini," ujar Wako usai meninjau aktivitas di SDN 18 Pekanbaru.

Tim Dirjen tidak hanya menilai aktivitas di SD tersebut. Tim juga menilai aktivitas di sekolah lainnya.

"Bukan cuma sekolah ini, tapi juga seluruh sekolah di Pekanbaru," paparnya.

Pemerintah kota juga sudah menindaklanjuti keberadaan sekolah penggerak. Ia menyebut bahwa pemerintah kota sudah mengembangkan dengan memberi pelatihan kepada guru.

"Kita memberi pelatihan kepada guru biasa terkait program guru penggerak. Saat ini sudah enam angkatan, kita sudah perluas dengan memberi pelatihan kepada para guru," paparnya.

Wali Kota berharap nantinya di angkatan berikutnya bisa lebih banyak guru yang ikut dalam program guru penggerak. Ia juga berharap dengan banyaknya guru penggerak tentu kualitas peserta didik di sekolah semakin meningkat.

"Kita tentu ingin mewujudkan SDM yang unggul dan berdaya saing. Jadi kualitas belajar di tingkat SD dan SMP terus ditingkatkan," jelasnya.

Ditempat yang sama, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek RI, Iwan Syahril menyampaikan bahwa SDN 18 Pekanbaru merupakan satu sekolah memiliki budaya sekolah yang bagus. Sekolah yang memiliki banyak guru penggerak tentu membuat budaya yang terus belajar dan berbagi. Ia menilai inilah satu visi sekolah.

"Visi sekolah yang kita inginkan adalah sekolah yang berpihak kepada murid, itu paling penting harus kita dudukkan sebagai pendidik," ujarnya.

Iwan menyebut bahwa pemerintah memiliki gerakan merdeka belajar. Ia menilai gerakan merdeka belajar ini bentuk berpihak kepada murid.

"Fokus kita bagaimana murid bisa lebih baik, satu caranya dengan terus belajar seiring perkembangan teknologi," paparnya

Dirinya mengajak para semua pihak bisa bekerjasama dalam menjawab tantangan perkembangan teknologi. Ia mendorong untuk menciptakan SDM unggul untuk Indonesia Maju tentu butuh peran semua pihak.

"Kuncinya di guru, di sekolah. Maka kita lakukan gerakan merdeka belajar di sekolah, agar semakin kuat. Apalagi ada dukungan dari pemerintah kota sangat besar," jelasnya.

[17-October-2022] Disdik Pekanbaru Libatkan 1.200 Siswa PAUD Dalam Kegiatan Sosialisasi SALUD [12-September-2022] Gerak Jalan Merdeka sebagai Peringatan HUT RIAU 65 dan HUT RI 77 [12-September-2022] Jadi Pembina Upacara, Pj Wali Kota Pekanbaru Imbau Disdik Awasi Pungutan PPDB [12-September-2022] Pengukuhan Bunda PAUD Kota Pekanbaru [13-July-2022] Disdik Pekanbaru Gelar Pemilihan Guru, Kepsek dan Pengawas Berprestasi