Detail Berita

Disdik Pekanbaru Bangun Komitmen Program Sekolah Ramah Anak

Disdik Pekanbaru Bangun Komitmen Program Sekolah Ramah Anak

Pekanbaru - Ratusan Kepala Sekolah tingkat Paud menghadiri acara sosialisasi dan membangun komitmen bersama program sekolah ramah anak yang dilaksanakan Bidang Paud/ PNF bersama P4TKTKPLB di Hotel Jatra Pekanbaru, Jumat (13/5/2022).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas melalui Kepala Bidang (Kabid) Paud dan PNF, Reni Bafita, menjelaskan, program sekolah ramah anak ini, merupakan salah satu program yang ditaja Disdik Pekanbaru.

Pihaknya bekerjasama bersama Pusat Pengembangan dan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa (P4TKTPLB) di Bandung.

"Ini (ramah anak,red) untuk tingkat TK, TPA hingga kelompok bermain yang ada dibawa Paud. Kita sudah sosialisasi membangun komitmen bersama," ujar Reni.

Dijelaskankan Reni, program sekolah ramah anak di Pekanbaru tersebut, di inisiasi atas dasar adanya beberapa temuan bahwa banyak anak yang memerlukan perhatian lebih.

Sementara itu, Kepala Seksi Tenaga Pendidik (Kasi Tendik) Disdik Kota Pekanbaru Sardius, menambahkan, dengan kegiatan ini, pihaknya berharap sekolah yang ditunjuk, bisa menerapkan Sekolah Ramah Anak (SRA).

"Dan yang terpenting bisa menjadi sekolah yang nyaman dan aman serta tidak ada perbedaan atau diskriminatif terhadap peserta didik," pintanya.

Menurut dia lagi, saat ini tidak semua sekolah menerapkan Sekolah Ramah Anak. Dari data, di Kota Pekanbaru, hanya 12 sekolah ramah anak yang sudah di SK-kan.

"Untuk itu, bagi sekolah yang sudah menerapkan Sekolah Ramah Anak bisa menjadi percontohan bagi sekolah lainnya," harapnya.

Adapun keinginan dari Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru ke depannya, yakni bagaimana semua sekolah yang belum menerapkan Sekolah Ramah Anak bisa menjadi Sekolah Ramah Anak.

"Perlu diketahui bahwa penerapan SRA ini tidak hanya mengandalkan peran dari pihak guru dan sekolah saja, melainkan juga dari siswa, orang tua, serta masyarakat," pungkasnya.

[17-October-2022] Disdik Pekanbaru Libatkan 1.200 Siswa PAUD Dalam Kegiatan Sosialisasi SALUD [12-September-2022] Gerak Jalan Merdeka sebagai Peringatan HUT RIAU 65 dan HUT RI 77 [12-September-2022] Jadi Pembina Upacara, Pj Wali Kota Pekanbaru Imbau Disdik Awasi Pungutan PPDB [12-September-2022] Pengukuhan Bunda PAUD Kota Pekanbaru [13-July-2022] Disdik Pekanbaru Gelar Pemilihan Guru, Kepsek dan Pengawas Berprestasi