Detail Berita

Jadi Pembina Upacara, Pj Wali Kota Pekanbaru Imbau Disdik Awasi Pungutan PPDB

Jadi Pembina Upacara, Pj Wali Kota Pekanbaru Imbau Disdik Awasi Pungutan PPDB

Pekanbaru-Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun, meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, mengawasi oknum Kepala Sekolah (Kasek) dan oknum Guru yang terindikasi melakukan pungutan saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Hal itu disampaikannya saat menjadi pembina upacara bendera di Halaman Kantor Disdik Pekanbaru, Senin(1//8/2022) pagi.

"Saya katakan ini (adanya dugaan pungutan,red) karena ada laporan yang kita terima. Maka saya minta kepada kepala sekolah dan guru untuk stop melakukan pungutan," ujar Muflihun dalam sambutannya.

Pihaknya tidak segan-segan melakukan penindakan apabila adanya upaya oknum kepsek dan guru yang melakukan pelanggaran seperti yang dia sebutkan saat ini.

"Kalau ada pihak sekolah melakukan pungutan dan laporan masuk kepada saya, kita akan berikan sanksi yang berat," tegasnya.

Dia mengimbau kepada tenaga didik yang bertugas di ruang lingkup Pemko Pekanbaru, benar-benar serius serta profesional dalam bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Yang paling penting kita harus serius membina pendidikan dan tetap disiplin. Tunjukan dedikasi dan loyalitas kita. Karena kita ingin menjadikan Kota Pekanbaru sebagai kota yang Pendidikannya lebih baik dari Kabupaten lainnya," harapnya.

Termasuk kata dia, para guru yang bertugas. "Saya berharap para guru bisa membawa pendidikan yang lebih baik dan jalankan tupoksi sesuai tugasnya masing-masing," pintanya.

Dia juga mengingatkan agar ASN yang bekerja di Disdik Kota Pekanbaru, menggunakan dana Bantuan Operasional Siswa (BOS) dengan sebaik baiknya.

"Kita minta Disdik tolong juga bantu masalah dana  sertifikasi guru dan lakukan pengawasan dan evaluasi," terangnya.

Sementara itu, Kepala Disdik Pekanbaru, Ismardi Ilyas mengatakan, apa yang disampaikan oleh Pj Walikota Pekanbaru tadi, tentunya menjadi perhatian dari pihaknya.

"Tentunya ini menjadi harapan kita bersama, terutama untuk membangun dunia pendidikan yang merupakan pilar utama," ungkapnya.

Terkait persoalan dugaan laporan pungutan, Disdik Pekanbaru sebelumnya telah memberikan imbauan dan penegasan agar Kepala Sekolah dan guru, untuk tidak keluar dari jalur dan bekerja sesuai tupoksi.

"Jika ada pihak sekolah yang melakukan pungutan maka kita tidak segan-segan memberikan sanksi," tegasnya.

Pihaknya juga berharap kepada orang tua siswa, wartawan, LSM dan ormas lainnya untuk melakukan pengawasan jika ada laporan indikasi pungutan itu terjadi.

"Kalau ada pihak sekolah yang melakukan pungutan maka silahkan lapor kepada Disdik Pekanbaru," pintanya.

Pelaksanaan upacara bendera tersebut, turut dihadiri oleh Setdako Pekanbaru M Jamil, Kepala Disdik Pekanbaru, Ismardi Ilyas, Sekretaris Disdik Pekanbaru, Muzailis serta para pejabat dilingkungan Disdik Kota Pekanbaru dan Kepala Sekolah Dasar dari tingkat SD, SMP, PAUD/TK serta pendidik

[17-October-2022] Disdik Pekanbaru Libatkan 1.200 Siswa PAUD Dalam Kegiatan Sosialisasi SALUD [12-September-2022] Gerak Jalan Merdeka sebagai Peringatan HUT RIAU 65 dan HUT RI 77 [12-September-2022] Jadi Pembina Upacara, Pj Wali Kota Pekanbaru Imbau Disdik Awasi Pungutan PPDB [12-September-2022] Pengukuhan Bunda PAUD Kota Pekanbaru [13-July-2022] Disdik Pekanbaru Gelar Pemilihan Guru, Kepsek dan Pengawas Berprestasi