Detail Berita

Kegiatan Pendampingan Dan Advokasi Layanan PAUD Inklusif

Kegiatan Pendampingan Dan Advokasi Layanan PAUD Inklusif

Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru – Pendidikan Inklusif adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya.

Permendikbud Nomor 70 Tahun 2009 mewajibkan agar pemerintah kabupaten/kota untuk menyelenggarakan pendidikan inklusif yang wajib menerima peserta didik berkebutuhan khusus. Namun, pada implementasinya masih ditemukan beberapa isu terkait kendala/permasalahan.

Untuk mengatasi kendala/permasalahan tersebut, Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru menggelar Kegiatan Pendampingan dan advokasi satuan PAUD yang menyelenggarakan pendidikan bagi peserta didik berkebutuhan khusus agar dapat meningkatkan kualitas layanan pendidikan di satuan PAUD, dilaksanakan pada tanggal 10 November 2023 di Aula Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru yang di buka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Dr. H. Abdul Jamal, M.Pd. dengan Dra, Mareta Wahyuni, M.Pd., dan Dr. Nita Priyanti, M.Pd. Sebagai Narasumber dari Kemendikbud, serta di hadiri oleh Kepala Bidang PAUD dan PNF Reni Bafita, S.Sos., M.Si., Kasi PAUD Sardius, S.Pd., M.Pd.

“Melalui Kegiatan ini diharapkan terciptanya persamaan persepsi terkait konsep Pendidikan khusus dan pendidikan inklusif, Meningkatnya pemahaman dalam memanfaatkan iklim inklusivitas pada rapor pendidikan, dan Kebijakan pendidikan Inklusif bisa terlaksana dengan baik.” Ungkap Kadisdik saat membuka acara. “Pendidikan Inklusif memberikan kesempatan yang sama kepada setiap anak untuk mendapat pendidikan tanpa memandang kondisi anak karena pada dasarnya semua anak adalah Istimewa.” Pungkasnya. (ITdisdik/bq)

[07-December-2023] Bapak Asuh Anak Stunting Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Salurkan Paket Sembako [07-December-2023] Peringatan Hari Anti Korupsi 2023 bersama Kejaksaan Negeri Kota Pekanbaru [07-December-2023] Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru mendapat penghargaan oleh BPMP Provinsi Riau [13-November-2023] Kegiatan Pendampingan Dan Advokasi Layanan PAUD Inklusif [18-October-2023] Antisipasi Bullying di Sekolah, Kejari - Disdik Gelar JMS di SMPN 9 Pekanbaru