Detail Berita

Ketua TIM Pokja Saber Pungli RI Kunjungi Disdik Kota Pekanbaru

Ketua TIM Pokja Saber Pungli RI Kunjungi Disdik Kota Pekanbaru

Pekanbaru - Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Muzailis bersama Kabid Kepegawaian, Irfan serta perwakilan Kepala Sekolah SD se-kota Pekanbaru, menyambut kedatangan Tim Pokja Pencegahan Satgas Saber Pungli Pusat beserta rombongan, Kamis (16/6/2022) pagi.

Ketua tim Pokja Pencegahan Satgas Saber Pungli Pusat Nugroho, dalam sambutannya mengatakan, bahwa pihaknya beserta rombongan datang ke Disdik Pekanbaru, guna memberikan penjelasan tentang pencegahan praktik kecurangan dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 di Kota Pekanbaru.

"Kedatangan kami juga melakukan monitoring terhadap pelayanan Pendidikan baik di Dinas Pendidikan maupun di sekolah terkait pungli," ucap Nugroho.

Untuk itu kata dia, perlu adanya pencegahan. Sebab pada tahun yang lalu, kita mendapatkan laporan dari masyarakat terkait dugaan pungli terhadap penerimaan siswa baru.

"Laporan itu kita terima bermacam macam istilah, ada jual beli uang kursi, serta beragamnya iuran iuran yang ditetapkan oleh pihak sekolah dan pihak komite sekolah termasuk penetapan uang seragam sekolah," ujarnya.

Dari persoalan itulah, tim Pokja Saber Pungli Republik Indonesia, memberikan pencegahan agar para pendidik tidak terlibat masalah hukum.

"Jadi pihak Disdik Pekanbaru beserta para pendidik harus komit dalam memberikan pelayanan pendidikan terbaik kepada masyarakat," harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Disdik Pekanbaru, Muzailis mengatakan, Disdik Kota Pekanbaru, memberikan apresiasi terhadap kedatangan tim Pokja Saber Pungli.

"Kita ucapkan terimakasih karena telah memberikan pencerahan, masukan serta himbauan secara langsung khususnya tentang pungli dalam menjalankan pelayanan pendidikan di kota Pekanbaru," ungkap Muzailis.

Menurut dia, pencegahan ini sesuai dengan Visi dari Disdik yakni 'Terwujudnya Dinas Pendidikan sebagai Pusat Pelayanan Pendidikan yang berkualitas, Madani, dan menjadi rujukan Nasional'.

Dengan visi itu, pihaknya berkomitmen dalam menjalankan amanat undang undang, baik itu undang undang tentang Pendidikan maupun tentang tindak pidana korupsi (pungli dan sebagainya).

"Dengan adanya himbauan dari Tim Pokja Saber Pungli, saya berharap kepada semua kepala sekolah dan jajaran komite serta guru agar bersama sama memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," harapnya.

[03-February-2023] AUDIENSI PENINGKATAN MUTU GURU PAUD DAN PNF “Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Dengan BBGP Jawa Timur” [03-February-2023] PENTAS SENI DAN KREATIFITAS TK PERTIWI KOTA PEKANBARU [02-February-2023] Jaksa Masuk Sekolah (JMS) tahun 2023 Di SMP N 26 Pekanbaru [26-January-2023] Tujuh SD Laksanakan Akreditasi Perpustakaan [19-January-2023] Pembukaan Kursus Orientasi Satuan Karya Widya Budaya Bakti Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru