Detail Berita

Kolaborasi Dispusip dan Disdik : Fokus Pengembangan Perpustakaan Sekolah

Kolaborasi Dispusip dan Disdik : Fokus Pengembangan Perpustakaan Sekolah

Pekanbaru - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru telah menjalin perjanjian kerjasama (PKS) dengan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, sebagai bagian dari upaya untuk mengembangkan tenaga pengelola perpustakaan yang mendukung peningkatan akreditasi perpustakaan sekolah.

Penandatanganan PKS dilakukan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pekanbaru, Erna Juita, SH,. M.Si, bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Dr. H. Abdul Jamal, M.Pd. Acara ini disaksikan oleh seluruh peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan tema "Peningkatan Kapasitas Tenaga Perpustakaan dan Pustakawan di Lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru," yang diadakan di Hotel Resty Menara pada Rabu (26/7/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Abdul Jamal mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi penuh kepada Dispusip yang selama ini telah banyak membantu dalam menunjang sarana dan prasarana pemenuhan standar di bidang pendidikan, khususnya dalam pengembangan perpustakaan. “Telah melatih para guru-guru kami atau tenaga perpustakaan di sekolah untuk bagaimana memberikan pelayanan terbaik di bidang perpustakaan," ungkapnya.

Ia juga menekankan bahwa perpustakaan memiliki peran yang tak terpisahkan dalam dunia pendidikan, sehingga dukungan dari tenaga pengelola perpustakaan dan pustakawan sangatlah penting. "Dan tahun ini bisa menyusul beberapa sekolah yang akan di akreditasi atau re-akreditasi," tambahnya.

Sementara itu, Erna Juita menginginkan pengembangan perpustakaan sekolah dapat berjalan lebih baik sehingga menunjang standar dan mutu pendidikan di Kota Pekanbaru. Mengingat hanya 50 sekolah dari total 528 sekolah tingkat TK, SD, dan SMP di Pekanbaru yang saat ini telah memiliki perpustakaan terakreditasi.

“Dengan bekerjasama dan memanfaatkan Bimtek yang diadakan, semua perpustakaan yang ada dapat mencapai nilai akreditasi yang memuaskan,” tutupnya. (Lasiakabran)

[07-December-2023] Bapak Asuh Anak Stunting Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Salurkan Paket Sembako [07-December-2023] Peringatan Hari Anti Korupsi 2023 bersama Kejaksaan Negeri Kota Pekanbaru [07-December-2023] Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru mendapat penghargaan oleh BPMP Provinsi Riau [13-November-2023] Kegiatan Pendampingan Dan Advokasi Layanan PAUD Inklusif [18-October-2023] Antisipasi Bullying di Sekolah, Kejari - Disdik Gelar JMS di SMPN 9 Pekanbaru