Detail Berita

PELATIHAN PENINGKATAN KOMPTENSI NUMERASI SISWA DENGAN METODE GASING BAGI SISWA DAN GURU SD KOTA PEKANBARU

PELATIHAN PENINGKATAN KOMPTENSI NUMERASI SISWA DENGAN METODE GASING BAGI SISWA DAN GURU SD KOTA PEKANBARU

Pekanbaru – Sebanyak 64 peserta didik (kelas 3-4) dan 32 guru kelas Sekolah Dasar Negeri dan Swasta di Kota Pekanbaru, di mengikuti program pembelajaran matematika secara gampang, asyik, dan menyenangkan atau metode "GASING"


“Metode Gasing untuk meningkatkan kemampuan numerasi guru dan peserta didik,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Dr. H. Abdul Jamal, M.Pd. saat pembukaan sosialisasi program pembelajaran matematika dengan metode Gasing di Hotel Evo Pekanbaru, Senin (15/5/2023).

Pelaksanaan kegiatan ini selama 15 hari atau mulai dari tanggal 15 Mei 2023.


“Diharapkan selesai penyelenggaraan kegiatan "GASING" 32 guru yang telah mengikuti metode ini mampu melaksanakan pengimbasan dan menjadi kader peningkatan kemampuan berhitung di sekolah.

64 peserta didik yang sudah mengikuti bimtek ini mampu menguasai metoda ini, dan dapat dijadikan contoh/ model  yang sudah menguasai teknik berhitung dengan metoda Gasing ini,” ujar Kadisdik.


Kadisdik berharap setelah mengikuti program belajar matematika dengan metode Gasing tersebut, guru memiliki kiat dan strategi  untuk menyelesaikan soal-soal tentang perhitungan, perkalian, pengurangan, pembagian, sehingga meningkatkan efektivitas pembelajaran.

“Manfaat untuk peserta didik adalah meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi melalui proses belajar pandai berhitung serta meningkatkan sikap kolaborasi dan komunikasi,” jelasnya.

kemampuan numerasi dapat ditingkatkan jika tersedia penyelenggaraan pendidikan berkualitas secara berkelanjutan melalui tenaga pendidik berkarakter yang mampu mengajar secara Gasing.

“Setelah mengikuti program Gasing ini, peserta dan guru akan melaksanakan road show di sekolah sebagai contoh. Ada tahapan-tahapan yang harus dikerjakan menurut proses. Semua pasti mendapat kesempatan mengikuti metode Gasing ini tidak ada perbedaan, Saya berharap guru dan peserta didik yang mengikuti program Gasing belajar dengan baik dan sungguh-sungguh sehingga menjadi teladan bagi teman-teman mereka,” pungkas Kadisdik(DisdikIT/BQ)

[07-December-2023] Bapak Asuh Anak Stunting Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Salurkan Paket Sembako [07-December-2023] Peringatan Hari Anti Korupsi 2023 bersama Kejaksaan Negeri Kota Pekanbaru [07-December-2023] Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru mendapat penghargaan oleh BPMP Provinsi Riau [13-November-2023] Kegiatan Pendampingan Dan Advokasi Layanan PAUD Inklusif [18-October-2023] Antisipasi Bullying di Sekolah, Kejari - Disdik Gelar JMS di SMPN 9 Pekanbaru