Detail Berita

Pembelajaran Daring Dinilai Kurang Efektif, Disdik Pekanbaru Akan Gelar Belajar Tatap Muka Usai PPKM

Pembelajaran Daring Dinilai Kurang Efektif, Disdik Pekanbaru Akan Gelar Belajar Tatap Muka Usai PPKM

Usai diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru akan langsung menggelar belajar tatap muka.

Kepala Disdik Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas mengatakan jika pembelajaran daring dinilai kurang efektif.

"Kegiatan belajar untuk peserta didik sangat dilematis saat ini. Di satu sisi, kami tidak ingin para pelajar terkonfirmasi positif. Di sisi lain, ada mata pelajaran tertentu yang membutuhkan komunikasi dua arah," ujarnya, Kamis, 12 Agustus 2021.

Disebutkannya, ada mata pelajaran tertentu yang tak bisa dilakukan secara daring. Orang tua juga ada yang tak mampu mengajar anaknya di mata pelajaran tertentu itu.

Strata orang tua juga bervariasi, mulai berpendidikan tinggi hingga yang tidak sekolah. Mulai dari orang tua yang sangat sibuk memikirkan makan sehari-hari ini hingga sibuk bekerja.

"Sebenarnya, efektivitas belajar daring itu hanya 33 hingga 40 persen," kata dia lagi.

Di tengah pandemi yang penyebarannya sangat tinggi, Disdik harus sedikit keras melarang belajar tatap muka.

Meski pada awalnya, proses belajar tatap muka digelar dengan setengah kapasitas kelas. Hasilnya, tidak ada pelajar yang terkonfirmasi positif saat belajar tatap muka.

"Makanya kami berkeinginan setelah PPKM level 4 selesai, sekolah langsung dibuka," tutur Ismardi.


Source : Riau24.com

[07-December-2023] Bapak Asuh Anak Stunting Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Salurkan Paket Sembako [07-December-2023] Peringatan Hari Anti Korupsi 2023 bersama Kejaksaan Negeri Kota Pekanbaru [07-December-2023] Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru mendapat penghargaan oleh BPMP Provinsi Riau [13-November-2023] Kegiatan Pendampingan Dan Advokasi Layanan PAUD Inklusif [18-October-2023] Antisipasi Bullying di Sekolah, Kejari - Disdik Gelar JMS di SMPN 9 Pekanbaru