Detail Berita

Undang Operator Tingkat SD, Disdik Pekanbaru Gelar Sosialisasi PPDB

Undang Operator Tingkat SD, Disdik Pekanbaru Gelar Sosialisasi PPDB

Pekanbaru - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, menggelar sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2022.

Acara ini, dihadiri oleh ratusan operator sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kota Pekanbaru, di aula Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Jumat (10/6/2022) pagi.

Dalam sosialiasi tersebut, hadir Sekretaris Disdik Pekanbaru, Muzailis yang didampingi oleh Kepala Seksi Kurikulum SD Junikardi.

Sekretaris Disdik Pekanbaru memanggil seluruh operator sekolah tingkat SD dalam menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI terkait PPDB yang menekankan soal zonasi.

"Disdik Pekanbaru sengaja mengundang semua operator sekolah. Adapun yang kita tekankan yakni menitikberatkan pada data Dapodik siswa kelas 6 SD," ucap Muzailis, dalam sambutannya.

Penekanan itu dia sampaikan sebab, data Dapodik tersebut nantinya akan menjadi dasar dalam penerimaan siswa baru untuk tingkat SMP.

"Kadang kadang sekolah tidak melakukan pembaharuan data dapodiknya, sehingga titik koordinat anak yang lulus SD dan masuk ke tingkat SMP tidak valid," ungkapnya.

Dia menyampaikan lagi, operator sekolah tingkat SD diminta melakukan upgrade pembaharuan validasi data terkini paling lambat dilakukan pada 18 Juni 2022.

"Termasuk menetapkan titik koordinat jarak rumah siswa dengan sekolah," ungkapnya.

Dilain hal, untuk persiapan PPDB nantinya, Disdik Pekanbaru nantinya bakal bekerjasama dengan pihak Vendor. Terutama untuk menyiapkan PPDB melalui aplikasi sistem online di tingkat SD.

"Sampai sekarang belum ada informasi kapan aplikasi tersebut siap. Kalau aplikasi tersebut tidak siap tahun ini, maka penerimaan siswa baru tingkat SD kita lakukan secara manual. Dan kemungkinan tahun depan baru bisa dilakukan secara online," pungkasnya. (*)

[07-December-2023] Bapak Asuh Anak Stunting Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Salurkan Paket Sembako [07-December-2023] Peringatan Hari Anti Korupsi 2023 bersama Kejaksaan Negeri Kota Pekanbaru [07-December-2023] Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru mendapat penghargaan oleh BPMP Provinsi Riau [13-November-2023] Kegiatan Pendampingan Dan Advokasi Layanan PAUD Inklusif [18-October-2023] Antisipasi Bullying di Sekolah, Kejari - Disdik Gelar JMS di SMPN 9 Pekanbaru