Detail Berita

WORKSHOP MENYENANGKAN BUNDA PAUD KOTA PEKANBARU BERSAMA DITJEN PAUD DIKDASMEN TENTANG MERDEKA BELAJAR EPISODE 24

WORKSHOP MENYENANGKAN BUNDA PAUD KOTA PEKANBARU BERSAMA DITJEN PAUD DIKDASMEN TENTANG MERDEKA BELAJAR EPISODE 24

Guna mewujudkan program pemerintah pusat serta mendorongnya pendidikan yang inklusif dan menyenangkan. Bunda PAUD Kota Pekanbaru Raja Rilla Mustafa Muflihun mengadakan “Workshop Menyenangkan” secara virtual dengan narasumber dari Ditjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek Oktavia Dwi Saputri (Lead WS3) yang  bertujuan memberikan wawasan tentang Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan kepada peserta, yang dilaksanakan di kediaman Walikota Pekanbaru. Sabtu (22/07/2023).

Bunda PAUD Kota pekanbaru dalam hal ini didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru yang diwakilkan Kepala Bidang PAUD dan Pnf Reni Bafita, Ketua GOPTKI Haswinda Indra Pomi, Bunda PAUD Kecamatan se-Kota Pekanbaru serta pemangku kepentingan lainnya.

Dalam sambutannya, Bunda PAUD Kota Pekanbaru mengatakan bahwa Program Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini merupakan wujud Program Merdeka Belajar yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek guna mengakhiri miskonsepsi di masyarakat bahwa anak usia dini wajib memahami tentang membaca, menulis  dan berhitung pada proses pendidikan di PAUD dan SD.

Hal itu sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru, dijelaskan bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru SD tidak menerapkan tes kemampuan membaca, menulis, dan berhitung atau bentuk tes lainnya.

Karena itu salah satu upaya yang dilakukan oleh Para Bunda PAUD di setiap daerah wilayahnya adalah mendukung pemerintah dalam mencerdaskan bangsa dengan melakukan intervensi sebagai kebijakan, baik di tingkat daerah maupun satuan pendidikan. “Intervensi ini adalah memperkuat kebijakan PAUD yang berpusat pada anak-anak. Karena PAUD merupakan pendidikan mendasar dan strategis dalam pembangunan Sumber Daya Manusia” ucap Rilla. (Bidang PAUD&Pnf_Hebat)

[07-December-2023] Bapak Asuh Anak Stunting Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Salurkan Paket Sembako [07-December-2023] Peringatan Hari Anti Korupsi 2023 bersama Kejaksaan Negeri Kota Pekanbaru [07-December-2023] Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru mendapat penghargaan oleh BPMP Provinsi Riau [13-November-2023] Kegiatan Pendampingan Dan Advokasi Layanan PAUD Inklusif [18-October-2023] Antisipasi Bullying di Sekolah, Kejari - Disdik Gelar JMS di SMPN 9 Pekanbaru